Senin, 04 Mei 2015

MENGAPA BIOLOGI ITU PENTING?

Pentingnya Pendidikan Biologi
Mengapa biologi itu penting??
Pendidikan adalah suatu proses atau kegiatan pembaharuan yang berlangsung secara sengaja maupun tidak, yang bertujuan untuk mengubah sikap, perilaku, perbuatan, pandangan hidup ke arah yang lebih baik.Pendidikan sebagai aktivitas berarti upaya yang secara sadar dirancang untuk membantu seseorang atau sekelompok orang dalam mengembangkan pandangan hidup, sikap hidup, dan keterampilan hidup, baik yang bersifat manual (petunjuk praktis) maupun mental, dan sosial. Sedangkan pendidikan sebagai fenomena adalah peristiwa perjumpaan antara dua orang atau lebih yang dampaknya ialah berkembangnya suatu pandangan hidup, sikap hidup, atau keterampilan hidup pada salah satu atau beberapa pihak. 
Biologi berasal dari bahasa latin yaitu bios dan logos. Bios artinya hidup dan logos artinya ilmu. Biologi merupakan ilmu hayat. Dan secara sederhananya biologi dapat diartikan sebagai suatu disiplin ilmu yang mempelajari tentang tentang makhluk hidup baik hewan, tumbuhan maupun manusia, yang berukuran mikroskopis maupun makroskopis, yang hidup di air maupun di darat.
Dengan demikian pendidikan biologi merupakan suatu kegiatan baik sebagai aktivitas maupun fenomena yang berlangsung untuk mempelajari segala sesuatu tentang makhluk hidup yang diharapkan dapat memperbaiki sikap hidup, pandangan hidup, keterampilan hidup secara praktis, mental maupun sosial baik perorangan maupun masyarakat secara luas.
Pendidikan biologi memiliki arti penting yang sangat besar bagi hidup dan kehidupan manusia. Adanya cabang-cabang biologi yang mempelajari lebih spesifik tentang suatu objek permasalahan, membuat manfaat biologi menjadi lebih banyak dan lebih luas. Pendidikan biologi memberikan perubahan yang signifikan bagi kesejahteraan dan kemaslahatan kehidupan manusia. Bentuk kemaslahatan dan efek kesejahteraan yang signifikan yang diperoleh manusia dari pendidikan biologi itu sendiri mencakup berbagai bidang diantaranya adalah bidang pertanian, peternakan, kesehatan, kedokteran, ekonomi, agama dan lainnya.


Untuk lebih lengkapnya bisa di buka link di bawah ini , inilah alasan saya kuliah di jurusan pendidikan biologi . Dan saya bangga menjadi calon guru biologi :) ::
http://erahmi.blogspot.com/2010/09/mengapa-pendidikan-biologi-itu-penting.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar